Profil MTI

Sejarah MTI ITB

Departemen Teknik Industri (dulu Jurusan Teknik Industri), merupakan perkembangan dari sub Jurusan Teknik Produksi yang merupakan bagian dari Jurusan Teknik Mesin. Pada tahun 1970, Jurusan Teknik Industri resmi didirikan dan terpisah dari Jurusan Teknik Mesin. Mahasiswa Jurusan Teknik Industri yang sebelumnya bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin ITB (HMM ITB), akhirnya dengan penuh kesadaran membentuk suatu organisasi baru dalam lingkup mahasiswa Jurusan Teknik Industri.

Keluarga Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, disingkat MTI ITB, didirikan pada tanggal 24 Februari 1971, pukul 04.00 WIB. Pada waktu itu pendirinya antara lain Kuntoro Mangkusubroto, Surna Thahja, dan Hari Purnomo.

Pada Tahun 2010, dengan inisiasi program studi Manajemen Rekayasa (MR) di bawah Fakultas Teknologi Industri, mahasiswa jurusan MRI juga dinaungi oleh MTI ITB. Sekarang ini, MTI ITB terdiri atas mahasiswa dari jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa.

Asas, Maksud, dan Tujuan MTI ITB

Asas MTI ITB seperti yang diatur pada AD-ART (Anggaran Dasar – Anggatan Rumah Tangga) adalah kekeluargaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan.

Maksud dan Tujuan :

  1. Ikut mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran di Program Studi Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri ITB dengan jalan yang sebaik-baiknya.
  2. Mengusahakan dan menyelenggarakan kepentingan-kepentingan Mahasiswa Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri ITB khususnya dan mahasiswa Institut Teknologi Bandung umumnya.
  3. Mengusahakan dan memelihara suasana kekeluargaan yang sehat antara civitas akademika, alumni Program Studi Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri ITB, dan alumni ITB khususnya, serta Perguruan Tinggi pada umumnya.
  4. Menanamkan kepada mahasiswa rasa tanggung jawab dan kesadaran untuk mengisi kehidupan masyarakat serta membawa ke arah tatanan kehidupan yang harmonis.

Simbol MTI ITB

Lambang

Lambang MTI ITB diadaptasi dari lambang AIIE (American Institute of Industrial Engineers). Pada lambang tersebut terdapat :

  • Perisai yang melambangkan persatuan
  • Jam Pasir yang melambangkan efektif dan efisien
  • Ganesha yang mengartikan bahwa MTI bernaung di ITB

Warna

Warna yang paling menggambarkan MTI ITB adalah biru langit. Biru langit merepresentasikan paham Helicopter View, yaitu melihat suatu hal secara menyeluruh, seperti langit yang melihat segalanya dari atas.

Jaket himpunan

Jaket Himpunan MTI ITB berwarna biru langit di satu sisi dan biru gelap di sisi lain. Biru langit dipilih sesuai dengan warna yang menggambarkan MTI dan biru dongker melambangkan warna himpunan dari jurusan induk Teknik Industri, yaitu Teknik Mesin. Pada lengan sebelah kanan jaket himpunan(relatif terhadap pemakai jaket), terdapat tiga garis yang berwarna (dari bawah ke atas) biru, abu-abu, dan hitam. Garis tersebut memiliki arti cakap (biru), bermoral (abu-abu), dan berpengabdian (hitam).

Slogan

Slogan MTI ITB adalah Avanti. Dalam Bahasa Italia, Avanti bermakna “Maju ; berada di depan”. Avanti menunjukkan semangat MTI untuk selalu menjadi yang terdepan dalam setiap kejarannya.